4 Contoh Usaha Kecil Potensial Yang Ada di Sekitar Kita

Bisnis - 05 Nov 2018

Mungkin sebagian orang sering kali meremehkan usaha kecil menengah, bahkan usaha kecil sering diidentikkan dengan bisnis untuk orang-orang yang memiliki modal terbatas dan pengelolaan seadanya. Namun sebenarnya tidak selalu demikian karena ada banyak pengusaha sukses yang berawal dari usaha kecil menengah.

Kita perlu mengetahui bahwa usaha kecil menengah adalah yang termasuk dalam jenis usaha kecil yang mempunyai kekayaan bersih paling banyak sekitar Rp 200.000.000/ Meski demikian, jenis usaha kecil menengah saat ini merupakan tulang punggung pemutar roda ekonomi di Indonesia.

Memulai Usaha Kecil Butuh Pertimbangan

Jadi apa saja contoh wirausaha modal kecil yang bisa dijalankan, terutama untuk calon-calon pengusaha yang memiliki modal terbatas? Semua harus dikembalikan kepada sang calon pengusaha, berapa modal yang dimiliki, keahlian apa yang dimiliki, serta bidang apa yang diminati. Pastikan Anda tidak menjalankan usaha pada bidang yang sama sekali tidak Anda kuasai, minimal Anda harus punya sedikit pengetahuan pada bidang tersebut.

Selain itu, ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan, diantaranya adalah apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan memang memiliki daya tarik serta menjadi kebutuhan banyak masyarakat di saat ini dan di kemudian hari atau tidak. Perhatikan pula kompetitor yang ada sekitar kita karena akan sangat berpengaruh pada masa depan usaha kita nantinya.

1. Usaha di Bidang Kuliner

Usaha di bidang kuliner memang tidak pernah sepi karena setiap orang membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Tentu ini menjadi peluang besar bagi Anda yang memang berminat untuk membuka usaha kecil bidang ini. Anda bisa memulai dari usaha restoran, rumah makan, kafe, warung tenda, atau bahkan pedagang kaki lima.

Sekali lagi disesuaikan dengan modal yang tersedia.  Namun yang lebih penting adalah produk makanan apa yang akan Anda tawarkan dan apakah cocok dengan selera masyarakat di sekitar lingkungan Anda?

Selain itu, tidak buruk juga jika Anda membuka usaha kecil dengan cara kemitraan atau waralaba karena dengan sistem ini Anda bisa terbantu dalam hal penentuan produk, mendapatkan bahan baku dan tata cara pengelolaan (manajemen).

2. Usaha di Bidang Jasa

Ada berbagai macam jenis usaha kecil di bidang jasa. Sepertinya dalam usaha ini Anda memang harus memiliki keahlian maupun wawasan luas sesuai pada jasa yang Anda tawarkan. Sebagai contoh ada usaha jasa yang berhubungan dengan birokrasi seperti; pengurusan surat-surat kendaraan, surat ijin mengemudi, surat ijin usaha, dan pengurusan dokumen penting lainnya.

Sepertinya usaha ini cocok bagi Anda yang memiliki wawasan luas dalam bidang hukum. Bidang jasa lainnya adalah yang berhubungan dengan IT seperti jasa pembuatan website, desain grafis, pembuatan software, IT System, aplikasi dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa memulai usaha kecil seperti jasa perbaikan komputer, laptop dan perangkat lain. Selain itu, usaha jasa pengiriman semacam menjadi agen ekspedisi juga sepertinya banyak diminati seiring berkembangnya jumlah online shop di Indonesia.

3. Usaha Jual Beli

Usaha jual beli mungkin adalah salah satu bisnis yang  cukup banyak diminati pula. Ada banyak sekali jenis produk yang memang cukup laku untuk dijual kembali seperti; ponsel, kendaraan pribadi (roda dua/roda empat), komputer, kamera, bahkan sampai hewan peliharaan yang dapat ditransaksikan secara online maupun offline.

Dalam jenis usaha ini Anda tidak diharuskan membuka toko fisik khusus dengan lokasi strategis karena bisa juga dilakukan dirumah.

4. Usaha Kecil di Bidang Agrobisnis

Bisnis Agrobisnis identik dengan bidang pertanian dan peternakan. Usaha ini sangat cocok dilakukan didaerah pedesaan atau Anda yang memiliki lahan luas untuk menjalankannya.

Sebagai contoh usaha kecil bidang Agrobisnis adalah budidaya ikan lele, peternakan ayam, peternakan sapi, budidaya hewan peliharaan, budidaya sayur mayur, buah-buahan dan masih banyak lagi.

Demikian beberapa contoh usaha kecil yang bisa Anda jalankan. Semua tergantung dengan berapa modal yang Anda miliki, bidang apa yang Anda minati, dan berapa banyak kompetitor yang ada. Semoga membantu dan menginspirasi para calon pengusaha muda di Indonesia. Nah, jika Anda membutuhkan jasa website development, graphic design, dan printing untuk kesuksesan promosi Anda, Kertas Putih Creative House dapat Anda Andalkan!

Sumber

Sumber gambar thumbnails