Word Of Mouth Di Era Digital

04 Des 2017

Strategi pemasaran tradisional yang dikenal khalayak salah satunya adalah word of mouth. Pemasaran ini tidak memerlukan banyak biaya untuk dilakukan namun image yang baik dari brand akan membuat khalayak membagikan informasi tentang brand tersebut. Word of mouth ini memiliki dampak yang besar karena setiap orang yang membagikan informasi tersebut berarti pernah terlibat langsung dengan brand tersebut. Hal tersebut dapat mempersuasi orang lain dengan lebih meyakinkan lagi. Mempersuasi orang akan lebih mudah dan meyakinkan apabila orang tersebut telah menggunakan atau image dari brand tersebut memang sudah terpercaya dan baik.

Lalu, apa yang terjadi dengan word of mouth di era digital? Jawabannya adalah akan semakin memperluas jangkauan. Sekarang ini dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, orang dengan mudah membagikan informasi tersebut. Kemudahan untuk share informasi di era digital semakin mudah baik dengan sosial media maupun dengan komunikasi secara langsung. Saat ini sudah semakin banyak kemudahan yang bisa didapat dari perkembangan di era digital. Teknologi yang mempermudah dan mempercepat informasi untuk khalayak.

Sumber gambar

Cepatnya dan juga luasnya informasi yang akan dibagikan kepada khalayak akan cepat pula informasi akan dibagikan kepada orang lainnya lagi. Apabila orang akan tertarik dan mendapatkan informasi penting untuk dibagikan, maka akan terjadi komunikasi word of mouth baik langsung ke orang yang dituju maupun share ke media sosial.

Word of Mouth di Era Digital

Misalkan, terdapat campaign event musik untuk anak muda baik laki-laki maupun perempuan. Dalam mengkomunikasikan event tersebut, advertiser pasti akan langsung menyasar ke berbagai media yang digunakan oleh anak muda agar pesan tersebut tepat sasaran. Setelah pesan tersebut tersampaikan kepada khalayaknya, pesan dari campaign itu akan dicari tahu langsung oleh khalayak. Apabila campaign tersebut menarik perhatian dan juga sesuai dengan kesukaan khalayak maka dengan sendirinya mereka akan share event tersebut. Khalayak akan share event musik itu ke orang-orang sekitarnya yang suka dengan event tersebut.

Contoh berikutnya adalah motor sport untuk anak muda laki-laki. Apabila mereka memiliki motor sport dengan brand tertentu lalu sudah merasa cocok, mereka akan me-review produk tersebut ke orang lain. Orang tersebut akan merekomendasikan motor tersebut apabila orang lain menanyakan tentang motor sport. Me-review dan juga share konten tertentu di era digital semakin mudah dengan video maupun review di media sosial.

Marketing di era digital ini semakin mudah dengan munculnya banyak strategi baru yang akan semakin efektif dikombinasikan dengan strategi lama. Strategi baru melalui format iklan digital yang lebih efektif dan menguntungkan dapat dipadukan dengan strategi word of mouth akan semakin menguntungkan.

Sumber gambar

Untuk menunjang keberhasilan marketing Anda, Kertas Putih Creative House siap mendampingi Anda dalam membuat beragam tools marketing yang Anda butuhkan. Klik disini untuk informasi selengkapnya ya!

Sumber

Sumber Gambar Thumbnails