10 Ide Konten Instagram untuk Bisnis

Digital Marketing - 15 Nov 2018

Pernah tidak Anda merasa stag dan tidak tau mau upload konten apa di Instagram? We do! Tenang Anda tidak sendirian. Artikel berikut ini adalah rangkuman dari beberapa riset yang Admin lakukan. Lalu, apa saja ya ide konten Instagram yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda? Simak yuk!

1. Konten informatif seputar produk & jasa

Ya, ini mungkin yang sering Anda lakukan, yaitu upload foto-foto produk dan jasa yang bisnis Anda tawarkan. Terdengar lumrah memang, tapi informasi ini sangat penting untuk dilakukan. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan di tiap fotonya secara detail ya! Sering kali Admin melihat foto-foto katalog di Instagram yang tidak ada caption lengkap, bahkan sering dibiarkan kosong. Kalau tidak ada informasinya, bagaimana orang lain bisa tertarik membeli?

2. Konten step by step

Contoh dari konten ini apa sih? Misalkan Anda jualan produk kosmetik, Anda bisa membagikan urutan cara penggunaan produk tersebut. Atau kalau Anda jualan mainan yang harus dirakit sendiri, Anda juga bisa membuat konten / video step by step-nya.

3. Konten teaser / spoiler

Apakah Anda sedang berencana me-launching produk atau service baru? Anda bisa mulai membuat konten sneak peek dan membubuhkan clue-clue yang memungkinkan para followers Anda menebak-nebak .

4. Konten behind the scene

Untuk semakin mendekatakan diri dengan followers, Anda bisa juga upload konten (foto atau video) behind the scene dari produk atau jasa yang Anda sediakan. Contohnya:

  • Jika Anda menjual homemade cookies, Anda bisa meng-upload behind the scene saat proses baking atau mendekorasi cookies tersebut.
  • Jika Anda memiliki klinik estetika, Anda bisa meng-upload salah satu proses treatmentnya, misalnya; saat proses facial atau IPL.

5. Konten tutorial

Agak berbeda dengan poin no 2, karena tutorial ini bersifat lebih general, dasar, dan lebih komplit. Jika Anda menjual aneka kosmetik, mungkin Anda bisa memberikan foto / video tutorial makeup simpel. Atau kalau Anda jualan mainan, Anda juga bisa membuat tutorial merapikan mainan di display.

6. Konten story telling

Konten ini isinya lebih banyak menyinggung tentang emosional. Anda bisa meng-upload foto yang bersejarah bagi Anda. Misalnya; upload foto 5 tahun lalu saat Anda berjualan untuk pertama kalinya yang memiliki kesulitan tantangan tersendiri agar bisa mencapai titik yang sekarang. Dengan konten story telling ini, tentu diharapkan Anda bisa lebih dekat dengan followers secara emosional.

7. Konten testimoni atau repost dari customer

Kalau Anda sudah mulai punya banyak customer yang memberikan testimoni, tentu hal ini akan mudah dilakukan. Bisa dimulai dari me-repost foto customer yang sedang memakai produk Anda, atau kompilasi testimoni yang ada di chat messenger Anda. Tentunya konten ini akan membuat calon customer semakin yakin dan percaya kalau bisnis Anda itu terpercaya.

8. Konten greeting hari spesial atau libur nasional

Sebaiknya upload juga konten yang berhubungan dengan hari spesial (misalnya anniversary usaha kita) atau hari libur nasional. Selain itu, Anda juga bisa memuat konten event yang unik, misalnya: “International Lipstick Day” atau “National Puppy Day”, tapi sesuaikan juga dengan niche market Anda ya, jangan terlalu random.

9. Konten giveaway

Konten ini bisa dilakukan saat Anda mau “menjaring” lebih banyak lagi followers, atau saat ingin memberikan apresiasi bagi followers Anda.

10. Konten Promosi

Sedang mengadakan promosi? Jangan lupa juga untuk upload aturan mainnya di Instagram feeds dan Instagram story, agar semakin banyak orang yang tau.

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Jika Anda membutuhkan jasa website development, graphic design, dan printing untuk kesuksesan promosi Anda, Kertas Putih Creative House dapat Anda andalkan!

Sumber

Sumber gambar thumbnails